People Innovation Excellence

Frequently Asked Questions

ENRICHMENT 3+1

Q         : Bagaimana untuk mengetahui track yang dapat dipilih untuk program 3+1?

A          : Track yang dapat dipilih adalah:

  • (1) Industry
  • (2) Community Development
  • (3) Entrepreneur
  • (4) Study Abroad
  • (5) Research

Selain itu juga akan dilakukan sosialisasi penjelasan setiap track terkait syarat IPK dan SKS kumulatif yang diadakan Universitas di awal semester genap (untuk program 3+1 yang akan mulai di semester ganjil). Undangan akan dikirimkan melalui pesan Binusmaya mahasiswa.

 

Q         : Bagaimana cara memilih track tersebut?

A          : Pada saat sosialisasi, mahasiswa akan mendapatkan informasi mengenai link Google Docs di Binusmaya. Link ini digunakan untuk mengisi data pribadi dan melakukan registrasi track yang akan dipilih. Pastikan data pribadi yang diisi adalah data terbaru (seperti email dan nomer handphone), karena setelah registrasi, mahasiswa akan dihubungi sesuai dengan track yang dipilih oleh mahasiswa. Ada dua opsi yang harus dipilih mahasiswa, opsi pertama adalah prioritas mahasiswa, sedangkan opsi kedua adalah cadangan. Jika sampai waktu yang ditentukan mahasiswa tidak bisa masuk ke opsi pertama maka secara otomatis dipindahkan ke opsi kedua.

Contoh:

Mahasiswa memilih opsi pertama track industry dan opsi kedua community development. Jika sampai waktu yang ditentukan mahasiswa tidak menyerahkan surat penerimaan magang di industry, maka secara otomatis mahasiswa tersebut akan terdaftar di community development.

 

Q         : Apabila saya akan mengambil track Study Abroad, apa yang harus saya persiapkan?

A          :

  • Study Abroad hanya akan dipilih di prioritas 1, maka apabila persyaratan tidak dapat dipenuhi, mahasiswa dapat segera melakukan proses untuk seleksi track prioritas 2.
  • Pilihan Universitas adalah yang telah menjadi partner Binus University dan dapat dilihat di http://io.binus.ac.id/binus-students/student-exchange-for-binus-students/
  • Konsultasikan dengan pihak Binus International Office (by appointment) untuk Universitas yang akan dipilih dan dokumen yang akan disiapkan.
  • Print mata kuliah yang akan diambil di Universitas pilihan, kemudian konsultasikan ke jurusan untuk dilakukan konversi mata kuliah.

 

Q         : Apabila saya mengambil track Industry, apakah Binus akan membantu saya mencarikan tempat magang?

A          : Universitas membuka beberapa lowongan dari perusahaan yang merupakan partner Binus melalui Binus Career. Mahasiswa dapat memilih maksimal 3 perusahaan rekomendasi dari Binus Career (pastikan lowongan yang dipilih sesuai dengan peminatan mahasiswa), dan menunggu konfirmasi untuk proses seleksi dari perusahaan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mencari tempat magang sendiri (selain partner dari Binus Career).

 

Q         : Berapa lama periode internship wajib dilaksanakan?

A          : Periode internship dilaksanakan minimal 4 bulan, maksimal 6 bulan. Terhitung mulai dari bulan Juli sampai dengan bulan Januari. Namun apabila mahasiswa akan mengambil mata kuliah di semester pendek, maka periode magang baru dapat dilaksanakan di bulan September – Januari (setelah periode SP berakhir).

 

Q         : Bagaimana jika periode internship kurang dari waktu yang sudah ditentukan?

A          : Maka mahasiswa dianggap tidak memenuhi syarat untuk lulus.

 

Q         : Bagaimana mengetahui job description atau posisi magang yang sesuai dengan peminatan saya?

A          : Agar dapat memahami dengan baik job description dan jenis perusahaan yang sesuai dengan peminatan, setiap mahasiswa wajib mengikuti:

  • Briefing dari Jurusan terkait job description dan jenis industry yang dapat dipilih oleh mahasiswa.
  • Pembekalan dari praktisi industry sesuai peminatan.

 

Q         : Bagaimana caranya untuk mengajukan tempat magang rekomendasi sendiri?

A          :

  • Job description dan jenis perusahaan dikonsultasikan kepada jurusan dan telah mendapat approval.
  • Periode magang sudah sesuai dengan ketentuan dari Universitas.
  • Memberikan surat resmi keterangan telah diterima magang dari perusahaan (fotokopi) kepada jurusan dan Binus Career, lembar asli disimpan oleh mahasiswa.

Pastikan surat dari perusahaan mencakup: Nama dan NIM mahasiswa, periode magang, nama dan alamat perusahaan, posisi magang atau berada di divisi apa, kontak pihak perusahaan (Nama, no telpon, email), serta ditandatangani pihak yang berwenang atau dicap dan menggunakan kop surat perusahaan.

 

Q         : Apabila saya sudah diterima di perusahaan rekomendasi sendiri, namun pihak perusahaan belum memberikan surat keterangan penerimaan, apa yang harus saya lakukan?

A          :Sementara kirimkan email kepada pihak binus career (dharyani@binus.edu) dan jurusan (snahdiah@binus.edu, cc: mia.angeline@binus.edu ) yang berisi:

Nama dan NIM mahasiswa, periode magang, nama dan alamat perusahaan, posisi magang atau berada di divisi apa, kontak pihak perusahaan (Nama, no telpon, email), serta bukti yang menyatakan bahwa mahasiswa sudah diterima (capture email, sms, atau pesan lainnya dari perusahaan).

 

Q         : Apakah memungkinkan apabila saya ingin melakukan magang di luar kota?  Bagaimana proses bimbingannya nanti?

A          : Mahasiswa diperbolehkan untuk magang di luar kota, asalkan job description dan jenis industry sudah mendapatkan approval dari jurusan. Proses bimbingan dapat dilakukan secara online (melalui email atau social chat).

 

Q         : Bagaimana jika saya belum mendapatkan tempat magang hingga batas akhir yang ditentukan pihak Universitas?

A          : Mahasiswa akan dialihkan ke prioritas kedua yang telah dipilih saat registrasi.

 

Q         : Apabila saya sudah diterima magang, apakah saya masih dapat pindah ke perusahaan lain yang menurut saya lebih baik?

A          : Mahasiswa tidak diperbolehkan untuk pindah perusahaan apabila sudah menyatakan menerima dan telah mendapatkan surat keterangan diterima magang dari perusahaan.

 

Q         : Apakah jika saya melakukan Internship di Industry, saya akan mendapatkan gaji atau uang akomodasi dan sejenisnya?

A          : Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun pihak Universitas tidak mewajibkan perusahaan untuk memberikan insentif kepada mahasiswa magang.

 

Q         : Apa saja kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam program 3+1

A          :

  • Mengumpulkan Learning Plan (lembar kesepakatan kerja antara mahasiswa dan pihak perusahaan) yang sudah ditandatangani oleh mahasiswa, dosen pembimbing (faculty supervisor), Industry supervisor, dan Head/Deputy Head setiap jurusan. Learning Plan asli dikumpulkan ke jurusan, difotokopi 2 kali untuk diserahkan kepada industry supervisor dan disimpan oleh mahasiswa.
  • Log book dan laporan bulanan, dikumpulkan kepada dosen pembimbing di setiap bulan.
  • Laporan Akhir Magang, dikumpulkan ke Layanan Mahasiswa (asli) dan Dosen Pembimbing di akhir semester.
  • Paper setiap mata kuliah (mata kuliah dapat dilihat di Binusmaya mahasiswa)

 

PRAKTIKUM PR

Q          : Bagaimana cara mendaftar untuk menjadi aslab PR?

A          : IPK minimal 3.3, kirimkan CV (include pas foto 3×4 + GPA) dan transkip nilai ke email Koordinator Lab ke Mrs. Cindy di cagustin@binus.edu

 

Q           : Apa saja tahapan/proses untuk menjadi seorang aslab PR?

A            : Mengirimkan CV & transkip nilai ke Koordinator Lab (Mrs. Cindy), mengikuti tes penerimaan aslab (mengerjakan case studies, presentasi dan interview), dan mengikuti training materi praktikum, training teaching learning dan training software selama 1 (satu) minggu

 

Q            : Apa saja keuntungan menjadi seorang aslab PR?

A             : Pengalaman mengajar praktikum sebagai asisten dosen, mendapatkan sertifikat, mendapatkan honor mengajar, diikutsertakan oleh jurusan dalam kegiatan training/seminar/kunjungan industri.

 

Q         : Berapa jumlah kelas praktikum yang akan diajarkan oleh seorang aslab PR?

A         : Seorang aslab bisa mendapatkan 3-5 kelas praktikum setiap minggunya (jumlah kelas dapat berubah tiap semester disesuaikan dengan jumlah praktikum di semester tersebut)

 

Q      : Berapa jumlah absen (ketidakhadiran) yang dapat dipergunakan pada kelas praktikum?

A       : Untuk praktikum 13 pertemuan, absen (ketidakhadiran) yang dapat digunakan adalah 2 (dua), sedangkan untuk praktikum 7 pertemuan, absen (ketidakhadiran) yang dapat digunakan adalah 1 (satu). Apabila lebih dari jumlah absen yang telah ditentukan tersebut, maka mahasiswa dianggap FAILED pada mata kuliah tersebut (baik kelas praktikum, maupun di kelas teori)

 

Q             : Bagaimana cara meminta izin apabila tidak dapat hadir di kelas praktikum?

A             : Ijin hanya diberikan untuk beberapa situasi di bawah ini:

  • Sakit : Menyerahkan surat sakit dari dokter, kwitansi dan resep obat (boleh copynya saja)
  • Keperluan keluarga (keluarga inti tertimpa musibah) : Menyerahkan bukti-bukti terkait, seperti surat izin yang ditandatangani oleh orang tua dan Koordinator Lab, fotokopi KK, surat rumah sakit yang menyatakan bahwa benar terdapat keluarga inti yang dirawat di RS tsb (contoh: surat/kwitansi rawat inap), dan fotokopi tiket apabila berada di luar kota
  • Acara keluarga (pernikahan saudara kandung) :  Fotokopi KK, undangan (boleh copy nya saja), fotokopi tiket apabila acara tersebut di luar kota
  • Tugas kantor/pekerjaan : Surat penugasan/surat izin resmi dari perusahaan (menggunakan kop surat perusahaan), ditandatangani oleh penanggung jawab/atasan dan Koordinator Lab, serta dicap menggunakan cap perusahaan
  • Mengikuti kompetisi/kegiatan (internal/eksternal kampus) : Menyertakan surat izin dari institusi/organisasi terkait (kalau bisa menggunakan kop institusi/organisasi) dan ditandatangani oleh penanggung jawab/ketua panitia dan Koordinator Lab serta dicap menggunakan cap institusi/organisasi atau bisa juga dengan menyerahkan surat izin dari SCDC

Dokumen-dokumen tersebut wajib diserahkan ke aslab di kelas masing-masing MAX 1 minggu setelah izin. Apabila lewat dari satu minggu maka dianggap absence/tidak hadir

 

TUGAS AKHIR

Q             : Apakah TA itu?

A             : TA adalah Tugas Akhir. Tugas akhir merupakan salah satu pilihan dari salah satu syarat mendapatkan gelar Strata Satu dari Universitas Bina Nusantara.

 

Q             : Apa syarat untuk mengajukan TA?

A             : Selain memenuhi syarat universitas, Syarat mengajukan TA adalah memiliki kemampuan Teknis, baik dalam bidang perencanaan dan penggunaan kamera, atau penggunaan software editing.

 

Q           : Apakah yang dihasilkan dari sebuah TA?

A       : Yang dihasilkan dari sebuah TA adalah sebuah Karya berupa Video dan sebuah Laporan pembuatan TA.

 

Q    : Apakah TA dapat dilakukan secara perkelompok?

A    : TA dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok, maksimal 3 mahasiswa.

 

Q             : Apa sajakah Peran kita dalam TA?

A             :

  1. Pada Peminatan Broadcasting, Peran dalam TA ada 3, yaitu: Producer, Cameraperson, Editor.
  2. Pada Peminatan Digital Journalism, Peran TA ada 2, Yaitu: Content Author, Web Creator.

 

Q             : Apakah boleh ada 2 Peran yang sama dalam 1 Karya dan laporan TA?

A             : Dalam pembuatan TA, tidak boleh ada 2 Peran yang sama pada satu judul TA.

 

Q             : Apakah perbedaan laporan dan Karya dalam TA?

A             : Laporan adalah bentuk tertulis yang berisi latar belakang, teori/konsep, Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi; Sedangkan Karya adalah sebuah hasil yang dibuat dalam bentuk program/website.

 

Q             : Apa saja isi laporan TA?

A             : Laporan TA terdiri dari berisi latar belakang, teori/konsep, Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi. Isi laporan TA juga tidak boleh sama antar satu mahasiswa dengan mahasiswa lain, walaupun sekelompok.


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close