People Innovation Excellence

The Lost City of Pompeii

“And the walls kept tumbling down, in the city that we love. Great clouds roll over the hills, bringing darkness from above..” Pompeii – Bastille.

Lagu tersebut mungkin dapat sedikit menggambarkan mengenai Pompeii, kota di Italia yang telah hilang akibat tertimbun oleh letusan debu gunung Vesuvius pada 79 M. Namun melalui seminar yang diadakan oleh Institut Kebudayaan Italia yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Italia, pada Kamis (20/4)mahasiswa Ilmu Komunikasi, Binus University diundang khusus untuk menjelajahi jauh lebih dalam sejarah kembalinya Pompeii. Seminar Arkeologi dan Komunikasi Antar Budaya dengan judul “Pompeii: life, death and rebirth, the story of a city and of a population through the archaelogical and antropological data” disampaikan secara menarik oleh Prof. Michele Radi (Associate Professor, Universitas Udayana, Bali) dan Prof. Pier Paolo Petrone, MD (University “Frederico II” of Naples) di Auditorium IIC (Istituto Italiano di Cultura), Jakarta.

Pompeii ditemukan kembali 1600 tahun kemudian secara tidak sengaja. Penggalian dari lapisan debu tebal membuka bangunan-bangunan dan lukisan dinding yang masih utuh dan pada akhirnya menguak sejarah yang luar biasa mengenai kehidupan sebuah kota di zaman kejayaan Romawi kuno.

Sejarah menyatakan bahwa Pompeii adalah satu-satunya situs kota kuno yang keseluruhan struktur topografinya dapat diketahui dengan pasti tanpa memerlukan modifikasi. Para arkeolog dapat melihat hampir secara sempurna sejarah budaya kuno ini. Raut wajah ketakutan dan putus asa penduduk yang tidak menyadari peringatan dari adanya getaran-getaran gempa yang kerap terjadi diawetkan dengan  teknik injeksi plester terhadap ruangan kosong dalam tubuh korban yang sudah hancur untuk membentuk kembali permukaan tubuh mereka.

Dalam seminar ini, Prof. Radi juga menyajikan detik-detik meletusnya gunung Vesuvius melalui video berikut

by Siti Nahdiah


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close