Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar kata  press release. Tapi apa sih sebenarnya press release itu? Apa pula fungsi press release bagi perusahaan? Sederhananya, press release adalah pernyataan resmi yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan kepada para media. Tujuan utama dari press release adalah penyebaran informasi mengenai perusahaan tersebut agar masyarakat mengetahui tentang  apa  yang sedang terjadi di organisasi tersebut. Biasanya, press release disebarkan jika ada event, pengumuman penting dari perusahaan misalnya pergantian pemimpin perusahaan, launching produk baru, dsb. Di perusahan sendiri, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan press release biasanya adalah bagian Public Relations, Humas, atau Corporate Secretary.

Disadur dari buku Think Public Relations, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membuat press release:

  1. What is the key message?

Sebelum membuat press release, penting sekali untuk menentukan apa pesan utama yang akan kita sampaikan kepada publik. Biasanya key message hanya ada satu poin saja, karena jika terlalu banyak key message yang ada di sebuah release, maka audience akan bingung menentukan focus dari pesan tersebut.

  1. Who is the primary audience?

Siapa yang akan menjadi target audience kita? Misalnya target audience kita adalah mahasiswa SMA, tentu press release yang akan kita kirimkan adalah media yang audiencenya adalah anak SMA.

  1. What objective does the release serve?

Apa tujuan dari press release tersebut. Karena berbeda tujuan beda pula cara penyampaian dari release yang akan dibuat tersebut.

Nah, karena press release ditujukan kepada media, maka cara menulisnya juga harus sesuai dengan pendekatan jurnalistik, yaitu menggunakan piramida terbalik. Dimana pada paragraf  awal dijelaskan terlebih dahulu tentang apa, siapa, kapan,  dimana, dan bagaimana kejadian atau kegiatan yang akan disebarkan melalui release tersebut.  Paragraf selanjutnya akan menjadi pendukung paragraf utama.

Selamat mencoba membuat press release! (YS)