People Innovation Excellence

Melatih Kepekaan Sosial di Community Development Yayasan Karina-Caritas Indonesia

Berpose dengan Supervisor Comdev, Bapak Yohanes Baskoro (Division of Networking Avocacy Communication)

Kika: Mia Angeline (Deputy Head Jurusan Marcomm), Siti Nadiah (PIC Industri Relationship), Yohanes Baskoro, Yuana Mauliani Fajar, Lidya W. Evelina (Dosen Pembimbing program 3 +1) dan Merlin Ratu Suci. Merlin Ratu Suci dan Yuana Mauliani Fajar adalah Mahasiswa Internship Semester V Ganjil 2016/2017 Peminatan Marketing Public Relations

Ada hal yang sangat berbeda bagi mahasiswa yang mendapat kesempatan Internship track Comdev. Mahasiswa dilibatkan pada kegiatan monitoring program bantuan dana pada Echo School, Sekolah sawah  SD Kanisius Prontakan, Magelang. Sekolah Sawah ini diperuntukkan untuk siswa SD. Hal menarik, siswa belajar matematika dengan  menghitung jumlah biji sayuran di sawah.

Selama 4 (empat) bulan mahasiswa internship mendapat pengetahuan tentang mengelola sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial. Mereka dilatih untuk berinteraksi dengan para donatur. Mereka belajar menjelaskan mengenai program-program sosial yang dibuat Yayasan Karina, diantaranya  tanggap darurat di Nusa Tenggara, membangun komunitas dan resiliensi  di Sintang, membantu sosialiasi untuk mengurangi resiko bencana di tiga desa, mensosialiasikan cara menstabilkan perekonomian di desa Cidora, Dawuhan, Dermaji  selain program bantuan dana untuk sekolah sawah.

Selama kegiatan internship mahasiswa juga dilibatkan pada  event nasional, mulai dari mempersiapkan design dan distribusi Tote bag, pencil case,  X Banner, tag line dan juga membantu menjelaskan program-program kepada calon donatur. Mahasiswa juga diikutsertakan untuk mencari dan bernegosiasi vendor yang membuat media promosi di atas.

Hal menarik lainnya, belajar membuat booklet, kartu ucapan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 dan kalender tahun 2017.  Setelah selesai melakukan internship, mahasiswa diminta membuat laporan kegiatan selama internship dan membuat paper tentang aktivitas soft Skill dan paper aktivitas technical skill. (Lidya Wati Evelina, FMSCC Marketing Public Relations Binus).


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close