Perkembangan progresif jurusan Marketing Communication di Bina Nusantara University terdengar gaungnya hingga mancanegara. Kali ini delegasi University of Canberra, Australia, datang beranjangsana dan menyatakan keinginan untuk menjalin kerja sama (07/03/2016)

Dengan ragam pilihan dan visi misi sepadan, jurusan Marketing Communication Bina Nusantara University dan University of Canberra akan bersama-sama mewujudnyatakan cita demi tercapainya tujuan kapabilitas dan kompetensi mahasiswa sehingga mampu menyatakan diri, beradaptasi, serta bersinergi menjadi warga dunia yang mumpuni.

Kemungkinan kerjasama yang dijajaki adalah program double degree/join degree, scholarship, 3+1, global learning system, exchange student, dan exchange lecturer.

Kerjasama ini akan mendatangkan pengalaman yang mencerahkan bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya yang terlibat, sebab pada umumnya individu, khususnya mahasiswa yang berada dan menetap di luar negeri untuk tujuan akademis akan memiliki pengalaman yang berbeda dengan mereka yang berlibur atau sekedar melancong.

Ketika seseorang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di mancanegara tanpa disadari akan ada kultur atau budaya baru yang harus diadopsi dan diadaptasi secara pribadi. “Paksaan” semacam ini perlu dipersiapkan sejak awal. Keengganan individu untuk terpisah dari teman-teman Indonesia terkadang menjadi belenggu untuk berkembang dan berprestasi, serta melahirkan karya.

Keharusan beradaptasi biasanya membuat individu terkadang merasa ngeri. Ketakutan meninggalkan segala hal yang sudah terbiasa dilakukan dan dialami menjadikan individu seakan tak peduli. Berbagai masalah yang merintang membuat individu bergeming. Dingin menanggapi perubahan angin.

Salah satu hal yang perlu disadari dan diimplementasikan dalam  perilaku individu sehari-hari adalah keberanian untuk membuka diri.

Sebab kesempatan tidak hanya datang satu kali, tetapi keengganan membuka diri membuat kita tidak pernah menyadari apa sebenarnya tugas kita di dunia ini. (BPW)