People Innovation Excellence

Kenali Audiens Anda dan Hilangkan Ketakutan

Berbicara di depan publik atau sering disebut public speaking berada di urutan 5 besar hal yang dianggap paling ditakuti oleh seseorang selain kematian, serangga kebakaran dan bencana. Tantangan utama berbicara di depan publik tidak lain adalah menaklukan audiens atau pendengar. Ketika keinginan pembicara untuk memuaskan audiens seketika itu pula muncul tekanan terhadap diri sendiri menjadi “sosok ideal” yang mampu menguasai situasi dan baik dimata publik.

Tekanan tersebut akirnya diekspresikan secara tidak langsung oleh ketakutan, kegugupan, blank, mules, kaku dan gejala lainnya yang menyebabkan gagalnya komunikasi antara pembicara dengan publik/audiens nya.

Kurangnya persiapan baik penguasaan materi, latihan dari sisi pembicara menjadi sumber ketakutan.  Permasalahan berdasar pada diri sendiri dan didorong oleh audiens maka sebelumnya harus dilakukan analisis pada audiens, secara ringkas dapat dibagi menjadi sebagai berikut :

  • Analisis Demografi
    Siapa di audiens Anda? Apa karakteristik individu dan kelompok mereka?
  • Analisis Psikologis
    Apa audiens Anda tahu dan percaya? Apa yang mereka pikirkan tentang topik Anda
  • Analisis Kontekstual
    Kapan dan di mana Anda menyajikan? Mengapa penonton ini mendengarkan Anda?

Tiga poin utama tersebut akan menjadi informasi untuk pembicara mengenai bagaimana seharusnya menyajikan topik pembicaraan dan dengan sendirinya akan mengurangi ketakutan atau kecemaasan yang mungkin timbul. (GM)

Believe practice always make perfect


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close