People Innovation Excellence

Binus Mengutamakan Layanan Informasi bagi Mahasiswa

photo 2-2

Pelayanan di kampus dimulai dengan etiket berpakaian, tutur kata, sikap tubuh, ini merupakan bagian dari ilmu Komunikasi. Dengan dasar ini, Ketua JurusanMarketing CommunicationBinus University, Dr. Ulani Yunus ditunjuk menjadi instruktur untuk pelatihan dengan topikGrooming and Communicationbagi para staffrontlinerdi Binus University.

Disadari bahwa mahasiswa dan orang tua mahasiswa menjadistakeholderutama bagi Binus University. Atas dasar pemikiran tersebut, maka di Binus University Alam Sutera Serpong pun mengadakan pelatihan yang paralel sebelumnya dengan topik serupa di Kampus Kemanggisan. Mahasiswa menyebut para petugas ini dengan singkatan LIM yaitu Unit Layanan Informasi Mahasiswa, yang sekarang lebih dikenal denganStudent Service Centre. Unit ini dibentuk dalam rangka memelihara layanan informasi kepada para mahasiswa dan orang tuanya.

Pelatihan diawali dengan tampilan contoh gambar-gambar yang menunjukkan profesionalisme para petugas melalui penampilan fisiknya, yang ditata dari ujung rambut sampai ke ujung sepatu. Namungroomingtidak hanya dimaksudkan untuk penampilan yang dipoles dari luar saja, namun juga melalui pemilihan tutur kata, sikap dan cara menjawab informasi seputar masalah yang dihadapi mahasiswa; seperti mengapa kartu ujian mahasiswa tidak bisa diunduh? bagaimana jika mahasiswa mengalami kesulitan keuangan karena orang tua jatuh sakit atau bahkan meninggal dunia. Para petugas ini telah dilatih bagaimana cara duduk yang simpatik, bagaimana sikap tubuh yang siap mendengarkan, ekspresi wajah, memilih kata percakapan agar setiap mahasiswa atau orang tua dianggap penting, memberi solusi bagi permasalahan mereka.

Di akhir pelatihan, para peserta diberikan kesempatanroleplay(drama) seolah-olah sedang menghadapi mahasiswa dan orang tua dengan segala permasalahan yang dihadapi. Para petugas diberikanreviewatas sikap dan tutur kata yang dijalankan dalam peran tadi. Pserat tampak bersemangat untuk dapat mengaplikasikan pelatihan ini dalam pelayanan sehari-hari pada mahasiswa.(UY)

photo 1-2


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close