photo 2-2

Pelayanan di kampus dimulai dengan etiket berpakaian, tutur kata, sikap tubuh, ini merupakan bagian dari ilmu Komunikasi. Dengan dasar ini, Ketua JurusanMarketing CommunicationBinus University, Dr. Ulani Yunus ditunjuk menjadi instruktur untuk pelatihan dengan topikGrooming and Communicationbagi para staffrontlinerdi Binus University.

Disadari bahwa mahasiswa dan orang tua mahasiswa menjadistakeholderutama bagi Binus University. Atas dasar pemikiran tersebut, maka di Binus University Alam Sutera Serpong pun mengadakan pelatihan yang paralel sebelumnya dengan topik serupa di Kampus Kemanggisan. Mahasiswa menyebut para petugas ini dengan singkatan LIM yaitu Unit Layanan Informasi Mahasiswa, yang sekarang lebih dikenal denganStudent Service Centre. Unit ini dibentuk dalam rangka memelihara layanan informasi kepada para mahasiswa dan orang tuanya.

Pelatihan diawali dengan tampilan contoh gambar-gambar yang menunjukkan profesionalisme para petugas melalui penampilan fisiknya, yang ditata dari ujung rambut sampai ke ujung sepatu. Namungroomingtidak hanya dimaksudkan untuk penampilan yang dipoles dari luar saja, namun juga melalui pemilihan tutur kata, sikap dan cara menjawab informasi seputar masalah yang dihadapi mahasiswa; seperti mengapa kartu ujian mahasiswa tidak bisa diunduh? bagaimana jika mahasiswa mengalami kesulitan keuangan karena orang tua jatuh sakit atau bahkan meninggal dunia. Para petugas ini telah dilatih bagaimana cara duduk yang simpatik, bagaimana sikap tubuh yang siap mendengarkan, ekspresi wajah, memilih kata percakapan agar setiap mahasiswa atau orang tua dianggap penting, memberi solusi bagi permasalahan mereka.

Di akhir pelatihan, para peserta diberikan kesempatanroleplay(drama) seolah-olah sedang menghadapi mahasiswa dan orang tua dengan segala permasalahan yang dihadapi. Para petugas diberikanreviewatas sikap dan tutur kata yang dijalankan dalam peran tadi. Pserat tampak bersemangat untuk dapat mengaplikasikan pelatihan ini dalam pelayanan sehari-hari pada mahasiswa.(UY)

photo 1-2