photo (2)Dr. Ninok Leskono (kiri) pada lokakarya Jambore Nasional Komunikasi 2015 (photo: Lidia Evelina)

27/05. Jambore Nasional Komunikasi 2015 menghadirkan rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang juga anggota Dewan Pers Dr. Ninok Leksono. Dalam makalahnya Ninok menjabarkan perkembangan new media yang kemudian mempengaruhi jurnalisme dunia maupun di Indonesia. Perkembangan new media melahirkan jurnalisme baru yang bergerak dari jurnalisme online ke jurnalisme konvergen.

Mudahnya mengakses internet dan sosial media membuat jurnalisme yang dilakukan warga menjadi berkembang. Meski begitu, menurut Ninok citizen journalism atau peer-to-peer journalism belum mempengaruhi kerja wartawan setidaknya di Koran Kompas. Wartawan memang “ngintip” apa yang terjadi di media sosial tapi ketika ingin informasi tersebut menjadi berita harus melakukan verifikasi.

Menurut ninok, yang 32 tahun menjalani profesi sebagai wartawan, kerja di bidang ini pun berubah seiring perkembangan new media. Dewan pers bahkan sudah memfasilitasi pembelajaran bagi warga pewarta untuk melakukan kerja jurnalistik dengan benar melalui pedoman pemberitaan siber.