Dengan adanya program 3+1 dari jurusan Marcomm, membuat mahasiswa lebih siap sekaligus mengurangi beban dalam menghadapi skripsi di semester 8. Sebagai salah satu mahasiswa semester 6 perminatan Broadcasting yang tengah menjalani magang di salah satu perusahaan di Jakarta, saya mendapatkan banyak pembelajaran dan kesempatan untuk mengembangkan diri. Di tempat magang saya, yaitu Communicasting Academy kami diberikan tugas untuk membuat program acara TV berdurasi 24 menit dengan rekan satu kelompok.

Untuk memproduksi sebuah program  acara TV diperlukan 3 tahapan produksi yang kami jalani, yaitu :

§     Pra-produksi,

Tahapan penting sebelum memproduksi suatu program di TV. Dalam tahapan ini dipersiapkan hal-hal sebelum proses produksi sebuah program, seperti menentukan ide, konsep kreatif ( treatment dangimmick setiap episodenya ), persiapan peralatan ( alat- alat, akomodasi, dsb), administratif untuk memastikan tidak ada halangan selama proses produksi, rapat koordinasi ( sesuatu yang harus dibangun sebelum / saat berjalannya proses produksi ), serta budgeting untuk menentukan bagaimana budget / biaya dalam membuat produksi suatu program.

§     Produksi

Aktivitas pembuatan televisi melalui kegiatan shooting dengan lokasi yang berbeda-beda di tiap episodenya.

§     Pasca produksi

Aktivitas pembuatan program TV setelah proses shooting. Pada tahap ini, diproses finishing sebuah program tv sampai menjadi program acara yang utuh dan mampu menyampaikan sebuah pesan kepada pemirsanya, dengan cara melakukan penyatukan/ penyambungan beberapa gambar oleh seorang editor.

Adanya pembekalan teori yang sudah saya dapat selama di kuliah, memudahkan saya dalam beradaptasi dan mengerjakan tugas yang diberikan selama kegiatan magang berjalan.

Niendra Augiana D.M/1601276514/Intern Student