People Innovation Excellence

MAGANG BUKANLAH KEWAJIBAN, MELAINKAN KEBUTUHAN

onlinecareertips.comDi era globalisasi ini, semakin ketat pula persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, khususnya di ibukota. Bukan hanya pesaing dari dalam negeri, bahkan kita harus mulai mempersiapkan diri untuk bersaing dengan pesaing  dari luar negeri. Perusahaan-perusahaan menginginkan karyawan yang menguasai keahlian yang relevan dengan perkembangan jaman dan bukan hanya dari teori belaka. Keahlian-keahlian tersebut cenderung lebih mudah dikuasai dan dipahami melalui terjun langsung ke dunia kerja, atau biasa disebut soft skill. Karena itu soft skill yang dimiliki harus ditingkatkan, bukan hanya hard skill yang didapat selama belajar teori di kelas perkuliahan saja. Salah satu cara untuk meningkatkan soft skill tersebut adalah dengan Magang. Mengapa magang itu penting? Untuk kelancaran operasional suatu perusahaan, mereka membutuhkan karyawan-karyawan yang bisa saling bekerjasama, memiliki keahlian komunikasi yang baik, bisa berbaur dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan perusahaan serta memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan. Untuk membina keahlian-keahlian tersebut, cara terbaik adalah dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Terlebih lagi, tentunya magang dilakukan ke perusahaan yang sesuai dan cocok dengan jurusan dan peminatan yang kita pilih, sehingga seharusnya magang menjadi sesuatu yang menyenangkan karena sesuai dengan passion yang kita miliki dan dapat memberikan bayangan mengenai bagaimana keadaan dan situasi yang akan dihadapi saat berada di dunia kerja selanjutnya setelah lulus, dan dapat membantu kita untuk lebih mengenal kemampuan diri sendiri lebih dalam. Seperti contohnya, Karena jurusan saya Marketing Communication dan peminatan Broadcasting, saya melakukan program magang di sebuah Production House dan bekerja di bidang Production, karena hal ini saya lebih dapat mengetahui peran-peran apa saja yang dibutuhkan untuk produksi sebuah acara dan mencoba semuanya, seperti menjadi host, camera person, editor, scriptwriter, dan lain-lain. Sehingga akhirnya saya akan mengetahui bagian apa yang paling sesuai dengan diri saya. Dan karena saya menyukai bidang ini, rasanya bukan seperti melakukan pekerjaan, melainkan seperti hobi.

Maka dari itu program magang yang dijalankan seorang mahasiswa bukanlah hanya suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai program yang dibuat dalam perkuliahan untuk sekedar mendapatkan nilai, namun justru program magang merupakan sebuah kebutuhan yang dimiliki seorang mahasiswa untuk dapat menghadapi keadaan dalam dunia kerja di masa depan. Sehingga dapat meraih prestasi dan  cita-cita yang diinginkan.

Anindya Caesariana Pute


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close