1

Masa perkuliahan sangat berbeda dengan masa saat kita masih dibangku sekolah. Apalagi ketika kita baru masuk dunia perkuliahan, seperti pada saat ospek dan saat semester-semester  awal , perbedaan kuliah dan sekolah semakin terasa dan mencolok. Tetapi ketidaknyaman ini pasti akan selalu kita temui kapan saja dan dimana saja, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bertahan dan beradaptasi dalam ketidaknyamanan tersebut. Kebebasan dalam dunia perkuliahan semakin membuat banyak orang menjadi acuh dalam kuliah,dan tidak berusaha untuk bertahan dan beradaptasi dalam lingkungannya. Tidak sedikit mahasiswa yang meninggalkan bangku kuliahnya. Entah karena alasan apa mahasiswa ini datang hanya pada awal pertemuan saja. Sebenarnya semua tergantung pada bagaimana kita membawa diri kita. Mungkin pergaulan dan bagaimana hubungan pertemanan dibangku kuliah menjadi faktor utama dalam ketidaknyamanan ini. Tetapi semua pasti ada jalan keluarnya, pasti ada cara untuk mengatasinya.  Mungkin beberapa tips ini bisa membantu kita para mahasiswa untuk menyelamatkan kuliah dalam ketidaknyamanan kita.

  • Mencari teman. Cobalah untuk membuka diri dalam pergaulan. Berusaha untuk bersifat terbuka, tidak menutup diri anda dari teman dan lingkungan.
  • Terbuka dengan pergaulan /lingkungan yang positif. Terbuka dalam pergaulan yang bisa membawa kita ke arah yang lebih baik. Karena kalau kita berteman dengan orang yang jalannya baik, dan lingkungan yang positif, kita akan ikut,dan terbawa juga.
  • Dengan mempunyai teman baik, akan mudah kita untuk mencurahkan isi hati kita,terbuka dengan teman dan melakukan sharing akan membuat kita merasa lebih tenang dan merasa mudah menjalaninya.
  • Carilah kegiatan positif. Lakukanlah kegiatan positif yang dapat merefleksikan diri kita, carilah kegiatan positif yang dapat membuat kita senang, baik kegiatan di dalam kampus ataupun diluar kampus.
  • Tidak menganggap semua mata kuliah dan tugas sebagai beban. Meskipun tugas dan mata kuliah terasa sebuah beban.Sugestikan diri kita bahwa itu bukan beban.
  • Jangan malu bertanya. Jika merasa berat, dan tidak tahu mengenai sebuah tugas bertanyalah kepada teman, kakak tingkat, atau dosen.Kerjakan saja, santai saja, anggap itu sebuah proses pencapaian kesuksesan kita.
  • Jalinlah hubungan baik dengan orang tua. Doa orang tua akan selalu menyertai kita,dan jika kita mempunyai hubungan yang baik dengan orang tua, apapun yang terjadi dengan kita diluar rumah, kita akan berani bercerita kepada orang tua, dan itu akan meringankan beban dan pikiran kita.
  • Beribadah. Dengan beribadah , berdoa kepada tuhan akan meringankan apapun yang kita lakukan,akan diberi kesabaran dan insyaallah akan selalu ditunjukkan ke jalan yang baik dan benar. (Rizki Intan Sakinah)